Cara Mengatasi Dan Memperbaiki Ban Kendaraan Beroda Empat Bengkak Dengan Cepat Dan Mudah

Ngomongin duduk masalah kendaraan baik roda dua maupun roda empat pastinya ada beberapa kesamaan dalam duduk masalah yang sering muncul. Salah satunya yaitu duduk masalah ban. Pada dasarnya kasusnya sama saja. Misalnya saja masalah yang biasa terjadi pada ban tubeless yaitu masalah ban benjol. Memang kondisi ban aman-aman saja dan masih bisa dipergunakan tapi jikalau dikendarai dalam keadaan kecepatan tinggi atau menikung hal ini sangat berbahaya sekali. Nah bagaimana cara mengatasi dan memperbaiki ban kendaraan beroda empat abuh dengan cepat dan gampang yang bisa kita lakukan.

Ngomongin duduk masalah kendaraan baik roda dua maupun roda empat pastinya ada beberapa kesamaan Cara Mengatasi Dan Memperbaiki Ban Mobil Benjol dengan Cepat Dan Mudah

Sebelumnya sempat di bahas dalam website ini mengeenai cara mengatasi ban motor abuh dan cara mengatasinya. Nah kali ini mari kita bahas bagaimana dengan ban mobil? Kembali kepada ban, duduk masalah ban tidak hanya bocor dan gembos, tapi juga permukaan ban kendaraan beroda empat yang benjol. Permukaan ban kendaraan beroda empat yang abuh sangatlah tidak yummy dan tentunya akan mempengaruhi kenyamanan dan keamanan berkendara anda. Padahal ban merupakan faktor pokok yang memilih performa mobil. Apalagi saat anda memacu kendaraan beroda empat dengan kecepatan tinggi. Rasanya kendaraan beroda empat bergoyang dan bergetar kencang beberapa kali meskipun kendaraan beroda empat melalui jalanan yang aspalnya mulus.

Ban yang biasa terkena penyakit abuh ini biasanya jenis ban tubeless. Meskipun begitu, ada beberapa kelebihan ban tubeless pada mobil. Agar ban kendaraan beroda empat tidak sering abuh dan tahan lama, anda perlu menerapkan tips merawat ban mobil, mengaplikasikan manfaat nitrogen untuk ban kendaraan beroda empat dan mengaplikasikan manfaat balancing mobil.

Ada beberapa lantaran kenapa permukaan ban kendaraan beroda empat benjol. Seperti tekanan angin yang berlebihan, masuknya udara di antara dua lapisan pembentuk ban, terjadi proses deformasi pada ban, kendaraan beroda empat yang terlalu sering melewati jalan berbatu. Bisa juga lantaran sistem suspensi mobil. Sistem suspensi yang terlalu keras dan mati akan menimbulkan ban kendaraan beroda empat benjol. Jika ban sudah benjol, sebagian besar bengkel menyarankan untuk mengganti ban. Diperbaiki pun bekerjsama bisa. Contohnya ibarat ditambal tapi efeknya hanya sementara. Berikut cara memperbaiki ban kendaraan beroda empat abuh langkah-langkahnya.

Pengecekan Ban Benjol
Dongkraklah ban kendaraan beroda empat sampai bannya terangkat kira-kira setengah centimeter. Kemudian, alas pada persilangannya. Supaya ban bisa berputar, lepaskan rem tangan yang menahan roda. Setelah lepas, coba putar roda ban kemudian periksalah apakah di ketinggian setengah centimeter ada pecahan yang tersangkut tanah. Kalau ada, berarti ban kendaraan beroda empat anda sedang abuh atau tidak rata. Kemudian lanjut ke perbaikan. Banyak teknisi otomotif berkata bahwa hampir tidak mungkin memperbaiki. Biasanya solusi dari ban abuh yaitu mengganti ban abuh dengan ban yang baru.

Perbaikan Sementara
Penambalan termasuk cara memperbaiki ban kendaraan beroda empat benjol. Namun imbas ini hanya sementara dan memang dipakai untuk kondisi darurat. Gunakan beberapa alat ibarat obeng kecil dan kompresor. Carilah titik mana yang kondisinya abuh kemudian tusuklah dengan obeng kecil anda. Cara menusuknya jangan tegak lurus tapi dari samping. Tetap hati-hati semoga bacokan anda tidak menusuk ban dalam. Biasanya sesudah ditusuk akan ada bunyi udara keluar. Kosongkan udara pada ban kemudian isi lagi dengan kompresor.

Ulangi terus sampai angin yang berada di abuh ban hilang. Setelah semua cara dilakukan, untuk sementara ban akan kembali ibarat sedia kala. Sebaiknya segera ganti ban gres lantaran cara memperbaiki ban kendaraan beroda empat abuh dengan kompresor dan obeng kecil ini hanya sementara. Jangan terus-terusan memakai cara ini lantaran nanti ban akan robek dan tentunya berdampak ke keselamatan bermobil. Karena ban kendaraan beroda empat yang abuh berpotensi meletus jikalau dijalankan dengan kecepatan tinggi. Jalankan kendaraan beroda empat secara pelan sehingga cara ini akan sedikit bertahan lebih lama.

Pemilihan Tipe Ban
Cara memperbaiki ban kendaraan beroda empat abuh tahap pertama yaitu pemilihan dan membeli ban. Ketika membeli ban, pilihlah ban yang sesuai dengan spesifikasi mobil. Biasanya tertulis di plakat pintu atau laci mobil. Ada beberapa kodenya. Seperti LT untuk light truck, ST untuk special trailer, T untuk ban serep, R untuk radial dan P untuk kendaraan beroda empat penumpang. Selain harus sesuai dengan spesifikasi, sesuaikan juga dengan velg ban. Ukurannya tertulis di angka di belakang karakter R yang ada di plakat.

Terakhir, pilihlah ban yang sesuai dengan kondisi jalan yang sering anda lewati. Anda juga perlu mempertimbangkan jenis ban kendaraan beroda empat yang cocok untuk ekspresi dominan hujan saat curah hujan di kawasan anda tinggi. Karena tapak ban mempengaruhi kemampuan cengkeram dan percepatan mobil. Untuk ketebalannya, terserah anda ingin lebar atau tipis. Tapi pertimbangkan beberapa hal dulu. Daya cengkeram ban lebar semakin baik. Tapi percepatannya semakin kecil lantaran berat. Untuk ban tipis, kebalikannya. Daya cengkeram ban tipis lebih jelek dari ban lebar. Tapi kecepatan semakin baik. Selain itu kerugian ban kecil yaitu kurang cocok jikalau melewati jalan yang buruk, tidak rata dan berbatu.

Kemungkinan velg juga terkena dampak dari ban tipis ini. Setelah itu, lakukan penggantian ban usang dengan yang baru. Siapkan beberapa alat ibarat dongkrak dan kunci roda kemudian mulailah bekerja. Pertama, longgarkan baut ban. Cukup longgarkan saja tidak perlu terlepas. Gunakan dongkrak untuk mengangkat mobil. Letakkan dongkrak di struktur yang paling kokoh semoga bisa menopang dengan pas. Sekarang lepaskan dan simpan baut ban semoga tidak hilang. Pasang ban gres anda kemudian turunkan dongkrak dan kencangkan baut.

Nah demikianlah beberapa ulasan mengenai cara mengatasi dan cara memperbaiki ban kendaraan beroda empat abuh sesuai dengan kondisi dan tingkat daruratnya. Cara pertama sanggup anda gunakan untuk mengatasi ban abuh untuk sementara waktu. Untuk keadaan darurat hal ini efektif untuk anda lakukan, sambil nunggu gajian datang misalnya. Solusi terbaik tetap secepatnya ganti ban tubeless kendaraan beroda empat anda.

Sebagai catatan, selain ban benjol, ada beberapa duduk masalah lagi yang sering melanda ban mobil. Seperti gejala ban kendaraan beroda empat kempes dan penyebab kendaraan beroda empat bergoyang , penyebab roda depan bunyi, bunyi gluduk di ban belakang. Selain itu juga bagaimana cara mengatasi selip dengan cara yang tepat. Untuk hal itu akan kita bahas dalam artikel selanjutnya.

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengatasi Dan Memperbaiki Ban Kendaraan Beroda Empat Bengkak Dengan Cepat Dan Mudah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel